Home / Berita / UKSW Menambah 1 Guru Besar Dalam Bidang Ilmu Fisika
UKSW Menambah 1 Guru Besar Dalam Bidang Ilmu Fisika

UKSW Menambah 1 Guru Besar Dalam Bidang Ilmu Fisika

 

10 april 2013 bertempat di Balairung Utama Universitas Kristen Satya Wacana diadakan upacara pengukuhan Guru Besar Prof. Dr. Ferdy S. Rondonuwu, S.Pd., M.Sc. Sekitar pukul 10.00 WIB saat petinggi Universitas dan senator memasuki ruangan, mengalun merdu lagu Gaudeamus Igitiur oleh Voice of SWCU.

Prosesi pengukuhan Guru Besar dimulai dengan di buka oleh Rektor Prof. Pdt. John A. Titaley, Th.D. Prosesi selanjutnya adalah pembacaan riwayat hidup oleh Dr. Surya Satria Trihandaru, M.Sc. Secara singkat, Prof. Ferdy adalah lulusan FKIP Fisika UKSW tahun 1992, kemudian melanjutkan di Vrije Universiteit Amsterdam lulus pada tahun 1997 mendapat gelas master. Tak berapa lama, kemudian melanjutkan studi Doktoral di Kwansei Gakuin University, Jepang dan lulus tahun 2005.

AKhirnya pidato pengukuhan Guru Besar dimulai dan paparan Prof. Ferdy berjudul Karotenoid dari Pigmen Sampai Sel Surya. Guru besar dalam ilmu fisika ini dengan luwes menyampaikan pidatonya. Dari judulnya saja, mungkin sangat susah memahami, namun dengan kepakaran beliau dapat menjelaskannya dengan mudah.

Sampul depan di buku pidato ilmiahnya, sudah sangat menarik. Sebuah gambar matahari yang menyinari daun maple dan akhirnya ada dua buah kabel yang menjuntai yang menghubungkan dengan lampu yang menyala. Secara ringkas, isi pidatonya adalah memanfaatkan tenaga matahari yang ditangkap oleh pigmen tumbuhan yang nantinya dijadikan sumber energi listrik.

IMG_5543

Pidato ilmihanya di akhiri dengan berkata “setiap kali saya menyelami hikmat dari alam ini, saya merasa betapa pengetahuanku begitu kecil bagaikan kepala yang muncul di permukaan samudra dan sayapun takjub akan ciptaanNya yang begitu besar”. Selamat buat Prof. Dr. Ferdy S. Rondonuwu, S.Pd., M.Sc dan selamat ulang tahun yang ke-44. []

About dhanang

Membuat ilmu kehidupan menjadi hidup lebih hidup

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top