Home / Biodiversitas / Mengintip Pesona Sawingray
Mengintip Pesona Sawingray
Burung cenderawasih merah sedang terbang diatas dahan pohon

Mengintip Pesona Sawingray

 

Kabupaten Raja Ampat merupakan pemekaran dari Kabupaten Sorong sekitar sepuluh tahun yang lalu. Kabupaten Raja Ampat di bawah pimpinan seorang Bupati yang penuh wibawa namun dekat dengan seluruh masyarakat. Kabupaten Raja Ampat dikenal di manca negara sebagai kabupaten bahari karena keindahan alam bawah laut yang tidak kalah dengan Wakatobi. Namun sesungguhnya keindahan Kabupaten Raja Ampat bukan hanya dibawa laut tetapi seluruh wilayah Raja Ampat mempunyai keindahan tersendiri. Salah satu ke indahan yang elok dipandang mata dan merdu di gendang telinga adalah kicauan dan gerak gerik burung Cendrawasih yang berada di kampung Sawingray distrik meosmansar.

Menuju kampung sebelah, demikiam masyarakat sekitar menyebutnya untuk pergi ke pulau seberang.

Menuju kampung sebelah, demikiam masyarakat sekitar menyebutnya untuk pergi ke pulau seberang.

Dari cerita rakyat membuat saya penasaran ingin melihat dan mengintip langsung pesona cenderawasih di kampung sawingray. Tanggal 18 mei saat itu tepat hari sabtu sekitar jam 07.30 pagi saya mengitari pantai WTC. Ditemani dengan rangsel kecil berisi sedikit bekal dan alat seadanya( tali, korek api, pisau dan kamera mungil) saya berjalan sambil menikmati semilir angin laut, sesekali saya memandang ke tengah laut melihat situasi laut apa ada ombak atau laut tenang. Laut seakan mengerti kalau saya ingin menyeberang kekampung sebelah (sebutan orang-orang raja ampat saat mau ke kampung-kampung di kabupaten setempat) dan lautpun tau kalau saya tidak bisa berenang.

Sekitar jam 08.00 pagi yang saya tunggu-tunggu akhirnya datang juga, seorang pemilik perahu yang akan pergi ke distrik meosmansar. Dengan bergegas saya mendekati pemilik perahu dan “selamat pagi om” sapaku, “Selamat pagi juga…!”. Dengan ramah pemilik perahu menjawab sapaanku dan tak segan-segan saya mengutarakan niatku untuk menumpang perahu dengan tujuan yang sama. Dengan senang hati pemilik perahu itu yang dipanggik Pak Mayor memberikan saya tumpangan. Perahu meluncur dengan berpenumpang beberapa orang penghuni kampung sawingray, kampung tujuan saya.

Dari Waisai ke kampung Sawingray perjalanan ditempuh dengan perahu kurang lebih satu setengah jam. Kampung Sawingrai berada di Distrik Meosmansar, kabupaten Raja Ampat. Sebuah Kampung yang di huni sekitar 500an penduduk. Sawingray dikenal sebagai daerah ekowisata dan ternyata populer dikalangan wisatawan asing.

Dari keterangan masyarakat setempat bahwa Sawingray dikenal dengan sebutan “Surga bawah Laut” dan Taman burung surga ”. Sawingray mendapat julukan seperti itu karena di sawingrai kita bisa menyaksikan keindahan bawah laut dan keindahan burung cenderawasih merah,itulah daya tarik tersendiri di Sawingray. Sore hari dengan masih dibanyang-bayangi rasa penasaran saya menunggu munculnya sang bidadari dan ternyata waoooh….,seekor burung cenderawasih merah keluar dari persembunyiannya bermain-main didahan pohon dekat perkampungan, walaupun dari kejauhan namun sempat tertangkap camera mungilku yang selalu siap ditangan.

 

seekor cenderawasih bertengger didahan tertangkap camera dari jauh

seekor cenderawasih bertengger didahan tertangkap camera dari jauh

Di Sawingray bukan hanya menyaksikan burung cenderawasih tetapi mataku hingar bingar melihat aneka bunga hutan dan jenis bunga anggrek yang tumbuh liar di sepanjang jalan setapak di perkampungan sawingray. Dalam hati muncul rasa kagum bukan hanya pada keindahan bunga-bunga tapi kagum akan masyarakat yang sadar akan keindahan. Tak seorangpun berani memetik bunga-bunga yang melambai-lambai seakan menebar pesona dan membisikkan kata selamat datang di sawingray.

Bunga anggrek tumbuhg liar disepanjang jalan setapak kampung sawingray

Bunga anggrek tumbuhg liar disepanjang jalan setapak kampung sawingray

Puas menyaksikan burung cenderawasih yang menari-nari diatas pepohonan dekat perkampungan masyarakat. Aneka bunga liar yang tidak kalah indahnya dengan bunga-bunga peliharaan. saya bergegas pulang ke kota Waisai tempat saya bekerja dan mengabdi sehari-hari sebagai guru. Perjalanan yang melelahkan dan sedikit mengorek kocek namun tidaklah sia-sia.

Mariani sirinding/MB2012

 

About dhanang

Membuat ilmu kehidupan menjadi hidup lebih hidup

2 comments

  1. wow…deskripsi tempatnya luar biasa, amazing place must to visit… I’m interest to go there.. Jdi akomodasinya gimana? Apakah tmpatnya mudah dijangkau? Dan membutuhkan waktu berapa lama dri bandara setempat? Thanks before for the reply later :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top