Home / Bios Cetak / Durian Laut Obat Dari Raja Ampat

Durian Laut Obat Dari Raja Ampat

Salah satu jenis bulu babi yang bisa dikonsumsi.

Salah satu jenis bulu babi yang bisa dikonsumsi.

Raja Ampat merupakan salah satu kabupaten pemekaran sejak 10 tahun lalu. Terletak di jantung pusat segitiga karang dunia (Coral Triangle), saat ini Raja Ampat merupakan pusat keanekaragaman hayati laut tropis terkaya di dunia. Terkait dengan ekosistem laut, kabupaten ini memiliki kekayaan dan keunikan spesies, terumbu karang, hamparan padang lamun, dan hutan mangrove. Salah satu organisme yang dijumpai di laut tersebut adalah bulu babi Tripneustes gratilla. Penduduk setempat menyebutnya sebagai sarawaki atau saaya. Hewan ini merupakan salah satu penghuni padang lamun, yang menghabiskan hidupnya di daerah tersebut. Seluruh permukaan tubuhnya yang membulat dibungkus dengan duri, seperti durian.

Umumnya duri bulu babi terbentuk dari ossicle (osikula) yang terspesialisasi. Ossicle merupakan kerangka berupa lempeng-lempeng kapur dalam dinding tubuh. Ukurannya dapat kecil ataupun besar.Jumlahnya dapat sedikit maupun banyak dan akan tergabung membentuk kerangka. Bulu babi memiliki variasi warna, yakni merah, hitam, cokelat, ungu, dan hijau. Jenis T. gratilla memiliki dua warna khas yang unik, yaitu duri merah dan cangkang putih, atau duri putih dan cangkang merah. Tidak jarang warna durinya merah dengan cangkang hitam dan kadang-kadang kombinasi dari keseluruhan warna.
Duri bulu babi memiliki bentuk, ukuran dan fungsi yang bervariasi, tergantung jenisnya. Bentuk duri membulat di bagian dasarnya dan melekat pada tubercle sebagai landasan. Duri bulu babi dewasa ada yang berbentuk jarum dengan diameter kurang dari 1 mm hingga berbentuk pensil dengan tebal hampir 1 cm, dan panjang yang berkisar antara 1-3 cm. Pada Echinomethrix calamaris terdapat dua jenis duri, yaitu duri yang besar/tebal dan duri yang kecil/tipis.
Fungsi duri yang utama adalah untuk pertahanan dan pergerakan. Dalam fungsinya sebagai alat pertahanan dari predator, beberapa jenis bulu babi memiliki duri yang me- ngandung kelenjar berbisa, misalnya Diadema setosum dan Asthenosoma varium. Bila duri terinjak atau tertusuk, duri yang sangat rapuh ini akan masuk dan sulit untuk dikeluarkan. Ini disebabkan duri tersebut, tersususn dari magnesium-kalsium karbonat. Untuk mengurangi rasa sakit yang timbul, bagian yang terkena duri tersebut dipukul-pukul sampai durinya menjadi hancur, sehingga dapat larut dalam darah dan diserap oleh tubuh.
Gonad bulu babi memiliki beberapa warna, yaitu kuning, kemerahan, orange dan cokelat, dengan tekstur kompak, padat, serta tidak berlendir. Warna gonad ini dapat berubah secara musiman, dipengaruhi oleh siklus reproduksi dan aktivitas merumput (memakan tumbuhan lamun dan alga). Berdasarkan hasil penelitian, gonad bulu babi mengandung 13 jenis asam amino, 8 jenis asam amino esensial (lisin, metionin, treonin, valin, arginin, histidin, triptopan, dan fenilalanin) dan 5 asam amino non- esensial (serin, sistein, asam aspartat, asam glutamat dan glisin). Selain itu, gonad tersebut juga mengandung vitamin A, vitamin B kompleks, karbohidrat, lemak, fosfor, kalsium, abu, protein, dan mineral.
Asam lemak yang terdapat dalam gonad bulu babi T. gratilla terdiri dari asam lemak jenuh (miristat, pentadekanoat, palmitat, stearat, dan arakhidat) dan asam lemak tak jenuh tunggal ( palmitoleat dan oleat).
Kelima asam lemak jenuh tersebut dapat meningkatkan kolesterol serum dan kadar lipoprotein LDL (Low Density Lipoprotein). LDL mengandung banyak lemak, sehingga akan mengambang dalam darah dan dikenal sebagai lemak jahat. Lemak ini dapat menyebabkan penempelan kolesterol di dinding pembuluh darah. Keadaan ini dapat mengakibatkan penyumbatan arteri dan sehingga menyebabkan penyakit jantung dan stroke. Sebaliknya kedua asam lemak tak jenuh tunggal dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL, dan membantu meningkatkan kolesterol baik. HDL (High Density Lipoprotein) yang berfungsi membersihkan kolesterol dari dinding pembuluh darah.
Adapun asam lemak tak jenuh jamak, yakni linolenat(omega-3), sangat baik bagi tubuh dan sangat berguna bagi kesehatan. Asam lemak yang sangat tinggi jumlahnya (12%) ini dapat menurunkan kolesterol, sehingga mengurangi risiko terkena arteriosklerosis (kelainan dinding pembuluh nadi yg ditandai oleh penebalan dan penghilangan elastisitas atau pengerasan pembuluh) dan mencegah penyakit jantung koroner. Selain itu, asam lemak ini juga dikenal memiliki khasiat dalam mencegah rusaknya membran sel dan meningkatkan daya tahan tubuh serta pertumbuhan otak pada janin.
Di Raja Ampat, gonad bulu babi T. gratilla biasanya dipanen saat musim selatan. Berdasarkan pengalaman mereka, musim ini merupakan musim yang paling banyak ditemukannya populasi bulu babi T. gratilla. Proses panennya cukup mudah. Saat air surut, mereka masuk ke air dan langsung mengambil bulu babi dengan tangan telanjang. Gonad bulu babi ini biasa untuk dikonsumsi sebagai bahan makanan. Untuk memperoleh gonad bulu babi, cukup dengan menggunakan pisau untuk membelah mengarah ke sisi oral. Kemudian bersihkan organ viseralnya dan gonadnya diambil dengan menggunakan sendok. Setelah proses pengumpulan gonad bulu babi selesai, gonad boleh langsung dimakan. Bagi yang tidak terbiasa mengonsumsi langsung, biasanya dapat ditambahkan air jeruk, bawang merah dan cabe. Perasan air jeruk dimaksudkan untuk menghilangkan rasa amisnya []

oleh; Rostini, Jubhar C. Mangimbulude, Soenarto Notosoedarmo, dan Surya Satriya Trihandaru.

 

About dhanang

Membuat ilmu kehidupan menjadi hidup lebih hidup

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top