Home / Berita / Menyelam untuk Olah Raga, Riset, dan Rekreasi
Menyelam untuk Olah Raga, Riset, dan Rekreasi

Menyelam untuk Olah Raga, Riset, dan Rekreasi

angkit2

Menyelam bisa dilakukan siapa saja, terkecuali seseorang yang menderita epilepsi dan sakit jantung permanen. Dahulu menyelam adalah aktivitas yang ekslusif dan hanya kalangan terbatas saja yang bisa melakukannya. Saat ini menyelam sudah menjadi aktivitas yang masif dan siapa saja bisa melakukannya.

Pentingnya selam sebagai sarana untuk olah raga, rekreasi dan riset maka Progdi PJKR mengadakan kuliah tamu untuk mengulas tentang dunia selam. Bonifacius Arbanto, M.Si sebagai salah satu instruktur selam di SSI (Scuba School International) memberikan materi tentang selam beserta manfaatnya.

Kuliah tamu dengan topik “Selam untuk Olah Raga, Riset dan Rekreasi” berlangsung pada 15 September 2015 di G301 pukul 08.00-10.00 Wib. Acara yang dibuka oleh Kaprogdi PJKR Sanfia Tesabela Massakh, M.Ed di hadiri 35 mahasiswa dari prodi; PJKR, Biologi, dan Magister Biologi. Dalam kuliah tamu ini dijelaskan bagaimana mengenal selam hingga sertifikasi selam secara berjenjang. Diharapkan mahasiswa UKSW yang berasal dari pelosok Nusantara yang luas wilayah 3/4nya adalah lautan bisa mengeplorasi potensinya lewat selam.

Magister Biologi yang konsen tentang penelitian senyawa biokatif untuk pewarna alami pada terumbu karang mengharuskan mahasiswa dan dosen bisa menyelam untuk sampling. Saat ini potensi terumbu karang tidak banyak yang mengeplorasi, selain susahnya akses juga terkendala dengan sumber daya manusia. Lewat SSI, telah meluluskan staff Magister Biologi dari pelatihan selam dan sudah mengantongi lisensi. Diharapkan dengan adanya sumber daya manusia yang berkompetensi menyelam bisa terus melakukan riset terhadap potensi terumbu karang sebagai penghasil pewarna alami.

About dhanang

Membuat ilmu kehidupan menjadi hidup lebih hidup

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top