Home / Berita / Bedah Film “Cave Art in The Tropics” oleh Kinez Riza
Bedah Film “Cave Art in The Tropics” oleh Kinez Riza

Bedah Film “Cave Art in The Tropics” oleh Kinez Riza

kinez4

Siapa menyangka 39.000-40.000 tahun yang lalu di Nusantara sudah dihuni oleh manusia. Pada waktu tersebut manusia sudah mengenal peradaban, dan salah satunya adalah lukisan di dinding-dinding goa. Lukisan dinding goa karya manusia purba ini ditemukan di goa leang-leang, Maros-Sulawesi Utara.

7 September 2015, di gedung G lt.4 UKSW diadakan bedah film “Cave Art in the Tropics“. Film yang dikerjakan oleh seniman Kinez Riza menceritakan tentang lukisan-lukisan dinding yang dibuat oleh manusia purba. Film yang berdurasi sekitar 5 menit telah membawa yang hadir seoalah kembali pada masa puluhan ribu tahu yang lalu.

Bedah film kerja sama antara Magister Biologi, Bios dan Fakultas Ilmu Komunikasi menghadirkan 2 pembedah dengan latar belakang illm dan kepakaran yang berbeda. Sengaja menghadirkan perbedaan sudat pandang ilmu, agar film tersebut bisa dinikmati secara sains maupun seninya.

kinez1

Venny Santosa, Ph.D dari Magister Biologi-UKSW membedah film dari sisi arkeologi. Sejarah 100.000 tahun yang lalu saat manusia purba mulai perjalanan dari afrika hingga sampai ke indonesia setelah berjalan sekitar 60.000 tahun. Manusia purba ini kemudian menempati goa-goa alam sebagai tempat hunian. Penemuan lukisan dinding dan fosil sudah menjadi bukti saat diteliti berapa umurnya dan para ahli sepakat mereka berumur sama.

kinez3

Ibu Ester selaku pakar perfilman dari Fakultas Komunikasi membeberkan dari sudat pandang sinematografi. Dia menjelaskan bagaiamana sudut pengambilan gambar, teknis pencahayaan, berikut dengan nilai-nilai yang dituangkan dalam Cave Art in the Tropics.

Bedah film akhirnya ditutup oleh pembuatnya yakni Kinez Riza. Dia menjelaskan awal ketertarikannya tentang dunia arkeologi dan berniat untuk mendokumentasikannya. Butuh waktu yang lama untuk riset berkaitan dengan seni lukis dinding manusia purna lalu bagaimana menuangkan dalam bentuk video dan audio.

kinez2

Sesi tanya jawab yang sangat interaktif terjadi saat mahasiswa Fiskom bertanya seputar pembuatan film, pembiayaam, motivasi, hingga berkaitan dengan film ini kedepannya bagaimana. 2 jam berlalu dan acara bedah film di tutup dengan penyerahan cindera mata oleh kaprodi Magister Biologi Ir. Ferry F. Karwur, Ph.D.

kinez5

About dhanang

Membuat ilmu kehidupan menjadi hidup lebih hidup

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top